Tips Lolos Tes Kesehatan Mata Akademi Angkatan Udara atau AAU

Tes kesehatan mata Akademi Angkatan Udara merupakan salah satu materi penilaian kesehatan dalam proses seleksi untuk menjadi anggota di kesatuan tersebut. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak sekali serangkaian tes yang harus dilakukan oleh para calon anggota Akademi Angkatan Udara. Proses seleksi penerimaanya dilakukan dengan sangat ketat salah satunya adalah tes kesehatan.

Anggota Akademi Angkatan Udara dituntut untuk mempunyai kesehatan yang sempurna. Hal itu dilakukan tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena mengingat beratnya tanggung jawab yang diemban oleh Akademi Angkatan Udara yang bertumpu pada kekuatan fisiknya. Oleh sebab itu, banyak sekali standar tes kesehatan yang harus dipenuhi calon anggota dari ujung rambut hingga kaki.

Salah satu materi penilaian pada proses seleksi adalah tes kesehatan mata. Pada tes kesehatan mata Akademi Angkatan Udara tidak sedikit yang mengalami kegagalan sehingga tidak bisa melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. Oleh karena itu, bagi kamu yang berminat untuk menjadi anggota AKADEMI ANGKATAN UDARA  maka harus pintar-pintar menjaga kesehatan terutama kesehatan mata.

Baca Juga :

 

Tes Kesehatan Mata AKADEMI ANGKATAN UDARA

Jadi Tes Kesehatan Mata AKADEMI ANGKATAN UDARA ini ada beberapa yang harus dilewati, yaitu :

  • Tes Buta Warna

Dalam Tes Buta Warna ini kamu akan melihat angka di dalam kumpulan warna-warna yang samar-samar. Buta Warna adalah kelainan pada organ mata yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan (Wikipedia).

 

Jika kamu tidak bisa melihat angka didalam kumpulan warna-warna tersebut maka segera periksakan ke Dokter untuk diperiksa dan diobati.

  • Tes Minus Mata

Tes ini adalah memeriksa mata kamu apakah mata kamu mengalami minus atau tidak, jadi dalam tes ini kamu membaca HURUF dengan jarak kurang lebih 5 meter, dengan 1 mata bergantian.

Jika kamu tidak bisa melihat HURUF yang di tunjuk oleh panitia seleksi maka kamu akan gugur, jadi sebelum tes, disarankan kamu memeriksakan mata ke Dokter agar kamu tahu apakah mata kamu sehat atau tidak.

 


Hal-hal yang Harus Kamu Hindari untuk Menjaga Kesehatan Mata

Dalam menjaga kesehatan mata untuk Tes kesehatan mata Akademi Angkatan Udara, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari:

  1. Terlalu lama menatap layar komputer atau gadget: Terlalu sering menggunakan komputer, laptop, smartphone, atau tablet dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata, ketegangan mata, dan mata kering. Usahakan untuk mengambil istirahat singkat setiap 20-30 menit dan fokus pada objek yang berjarak jauh untuk mengurangi ketegangan mata.

  2. Paparan sinar matahari langsung: Terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung dapat meningkatkan risiko kerusakan mata, termasuk katarak dan degenerasi makula. Saat berada di luar ruangan pada siang hari, gunakan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UV dan topi untuk melindungi mata dari paparan langsung sinar matahari.

  3. Menggosok mata dengan kasar: Menggosok mata dengan kasar dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Jika ada rasa gatal atau iritasi pada mata, cobalah untuk tidak menggaruknya dan gunakan tetesan mata yang direkomendasikan oleh dokter mata.

  4. Menggunakan make-up yang sudah kadaluarsa: Make-up seperti maskara dan eyeliner yang sudah kadaluarsa dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi mata. Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa produk make-up dan rutin menggantinya.

  5. Mengabaikan gejala mata yang tidak normal: Jika Anda mengalami gejala seperti mata merah yang terus menerus, perasaan sakit atau perih di mata, penglihatan kabur yang tidak membaik, atau keluhan lain yang tidak biasa pada mata, segera konsultasikan dengan dokter mata. Mengabaikan masalah mata yang serius dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih parah.

  6. Merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata serius seperti katarak, degenerasi makula, dan pembuluh darah kecil di mata pecah. Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya hindari merokok atau berhenti merokok jika Anda seorang perokok.

  7. Kurang tidur: Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan dan ketegangan pada mata. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap malam agar mata Anda tetap segar dan sehat.

  8. Mengabaikan nutrisi mata yang sehat: Makanan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan berlemak, dan makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pastikan untuk memasukkan makanan-makanan tersebut ke dalam pola makan sehari-hari Anda.

Dengan menghindari faktor-faktor tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya masalah mata yang serius. Jika Anda mau melakukan Tes kesehatan mata Akademi Angkatan Udara, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata untuk pemeriksaan lebih apabila memiliki kendala Mata.

 

Lakukan Hal Ini untuk Membuat Mata Kamu Tetap Sehat

Untuk lolos dalam tes kesehatan mata Akademi Angkatan Udara sebaiknya kamu banyak memakan banyak buah-buahan dan sayur yang banyak mengandung vitamin A. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin A mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan sehingga mampu mengurangi resiko degenarasi makula. Sebelum kamu melakukan tes mata sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel secara rutin.

Selain mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, kamu juga perlu melatih mata dengan cara mencoba memfokuskan mata pada objek yang dekat dan sedikit jauh. Proses tersebut dilakukan beberapa kali. Melatih mata juga dapat dilakukan dengan melihat objek yang bewarna hijau misalnya persawahan dengan menutup mata menggunakan telapak tangan. Telapak tangan bisa kamu jauhkan selama 10 detik.

Baca Juga :

 

Kiat Sukses Seleksi Akademi Angkatan Udara Kamu bisa menghindari hal-hal yang dapat merusak mata dan melakukan hal-hal yang bisa membuat mata kamu tetap sehat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jaga dan rawat mata kamu denga baik jika berniat menjadi anggota AKADEMI ANGKATAN UDARA . Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan kamu bisa lolos pada tahap tes kesehatan mata Akademi Angkatan Udara.



Artikel Terkait